Kamis, 27 September 2012

Perangkat Keras untuk Akses Internet

Perangkat keras yang digunakan untuk akses dapat terhubung dengan internet adalah sebagai berikut :
  1. Modem Dial up/modem kabel/modem ADSL 
           Modem (modulator demodulator) berfungsi mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital dan sebaliknya, mengubah sinyal digital menjadi gelombang analogdari kabel telepon sehingga komputer dapat terkoneksi dengan internet.
         Untuk PC, biasanya menggunakan modem dial up yang dihubungkan dengan line telepon. secara fisik, modem dial up dibagi menjadi 2, yaitu mudem eksternal dan modem internal.
        Selain modem dial up, ada pula modem ADSlL (Asymmetric Digital Subscriber Line). Dalam mengakses internet, ADSL dapat menggunakan line telepontanpa menggangu salurankomunikasi percakapan.Pengguna ADSL harus mendaftar terlebih dahulu ke ISP.
      Modem kabel menggunakan line tv kabel. Untuk dapat terhubung, pengguna harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu ke ISP. Penggunaan jaringan ini lebih rumit dibandingkan modem lainnya.

    2.  Line telepon, TV kabel, ISDN, satelit, PLC< telepon seluler
       
        Line telepon
 
        Saat ini dengan line telepon dan modem dial up, kita tidak perlu mendaftar lagi ke ISP. line telepon juga dapat digunakan untuk koneksi internet broadband dengan menggunakan modem ADSL

      TV kabel
 
      Jaringan tv kabel dapat digunakan untuk koneksi ke internet dengan kecepatan maksimum 27 Mbps untuk downstream dan 2,5 Mbps untuk upstream. Agar dapat terhubung dengan internet, komputer harus dilengkapi dengan kartu ethernet.

      ISDN (Integreted System Digital Network)
 
      layanan ISDN disediakan oleh ISP yang disebut NSP (Network Srvice Provider). ISDN adalah jaringan digital yang memberikan berbagai macam telekomunikasi yang berlaku di seuruh dunia, dan merupakan transisi sistem telepon analog ke sistem digital.

    Satelit
 
    Satelit dapat digunakan sebagai media untuk mengakses layanan internet. Di Indonesia, kita dapat menggunakan satelit dengan menggunakan VSAT (Very Small Aperture Terminal). VSAT adalah stasiun penerima sinyal dari satelit dengan antena penerima berbentuk piringan dengan diameter kurang dari 3 meter.

   PLC (Power Line Communication)
 

   PLC adalah akses internet yang dilakukan melalui salurankabel listrik, yaitu denganmenumpangkan aliran data. 




      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar